Experiences of Pesantren ( Pondok Pesantren An - Nur 3 MURAH BANYU )Jl. Diponegoro IV Bululawang Malang Jawa Timur Indonesia

Kamis, 21 November 2013

TINTA RAHASIA

Jika suatu waktu kita ingin mengirimkan pesan rahasia, ambillah saja cuka, air (sari jeruk) atau getah bawang sebagai tinta rahasia. Tulislah sebagaimana biasa di atas kertas putih. Setelah kering tulisan itu tidak akan tampak. Penerima surat harus mengetahui bahwa ia harus memegang surat itu di atas nyala api lilin. Tulisan itu akan memperoleh warna coklat dan mudah dibaca. Cuka, sari jeruk, atau sari bawang menimbulkan perubahan kimiawi dalam kertas dan mengubahnya menjadi zat semacam selofan. Namun karena suhu nyalanya lebih rendah dari pada kertas biasa, tempat-tempat yang ditulisi itu lebih cepat hangus.

HIMPUNAN (Materi Pelajaran Matematika)




*      PENGERTIAN
Himpunan -> Kumpulan suatu objek yang mempunyai syarat keanggotaan tertentu yang dijelaskan dengan jelas.

Exampel :
o   Himpunan perguruan tinggi negeri
UGM, ITB, IPB, Unair, UI, UNDIP, dsb.
o   Himpunan tumbuhan tinggi
Pohon jati, pohon pinus, pohon kelapa, poho paku, dsb.
Setiap benda dalam suatu himpunan, seperti UGM, IPM, pohon jati, pohon paku, dan sebagainya disebut elemen atau anggota (unsur himpunan).
Notasi :            - suatu himpunan dilambangkan dengan huruf besar.
                          Misalnya : himpunan A, himpunan B
                         - anggota / elemen dari suatu himpunan dilambangkan dengan huruf kecil.
Misalnya : a,b,c, dan sebagainya
*      SYARAT DAN SIFAT KEANGGOTAAN
Setiap elemen dari suatu himpunan harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1.      Harus dapat dibedakan antara benda yang satu dengan yang lain di dalam himpunan tersebut.
2.      Harus dapat dibedakan antara benda yang menjadi anggota himpunan tersebut dengan yang bukan anggota himpunan tersebut.
3.      Harus ada hubungan yang nyata antara sesama himpunan tersebut.

NOTASI : elemen / anggota (unsur hidup) dilambangkan “Є”
      Misalnya :             a Є A, dibaca ”a elemen A”

*      CARA MENYATAKAN HIMPUNAN
Ada 2 cara untuk menyatakan himpunan, yaitu:
1.      Cara pendaftaran = tabulasi (roster)
Semua anggota himpunan dituliskan dan diletakkan di antara kurung kurawal.
NOTASI      : A = {……………}
Missal        : A = {UGM, ITB, IPB}
2.      Cara perincian = syarat keanggotaan (rula)
Di antara 2 keurung kurawal dituliskan salah satu huruf kecil, kemudian diikuti oleh suatu garis tegak / titik dua, sesudah itu dituliskan sifat yang menyangkut huruf kecil itu.
NOTASI      : A = {x | x : perguruan tinggi di Indonesia}
*      JENIS – JENIS HIMPUNAN
1.      Himpunan semesta
2.      Himpunan bagian / subset
3.      Himpunan komplementer
4.      Himpunan kosong
5.      Himpunan berhingga / fenit
6.      Himpunan tekterhingga / infenit
7.      Himpunan penyelesaian
8.      Irisan dua himpunan / interseksi
9.      Himpunan gabungan / union
10.  Himpunan selisih / minus
11.  Himpunan tambah / plus
12.  Himpunan yang sama
13.  Himpunan ekuivalen
14.  Himpunan lepas

Selasa, 30 April 2013

Beberapa Tempat Penting di Pondok Kita


Kalo yang ini, salah satu proyek di PP. Annur 3. Disini bakal dibangun masjid termewah di annur.. ceilehh... Pembangunan masjid annur ini mengalami proses yang sangat panjang, dan sampai sekarang pun masih proses hehehe... Dan buat pembangunan masjid ini, kami punya gerakan yang kami namakan “Tiada hari tanpa SHODAQOH”. Itung-itung buat amal jariyah juga. Jadi, buat semua yang ingin bershodaqoh, langsung aja kesini... dijamin barokah dunia akhirat...!!

Hmm.. kalo yang ini udah pada bisa nebak kan..? Dilihat dari gambarnya aja pastinya udah tau. Eits.. tapi jangan khawatir ya buat yang nggak tau, coz pastinya kita akan ngasih tau (hehe). Ini nihh kamar mandi kita pemirsa.. lokasinya dekat GSG ( Gedung Serba Guna ) yang biasanya buat sholat berjama’ah. Jadi, enak bagi yang mau wudhu’ ataupun kebelet :P


Ada yang mau beli mukenah, sabun, baju, atauu kue. ?? disini nich tempatnya..!!. nah, di koprasi kitaini nyediain berbagai macam kebutuhan santrimulai dari peralatan mandi, peralatan sholat, sampe’ kitab-kitab pun ada disini, emb tapi kalo yang bukan santri juga gapapa koq beli disini (hehe). Jadinya nich para santri gha usah bingung-bingung untuk ke pasar buat beli itu semua.


Hey pada penasaran kan, ini tempat apa an yah?. Emb, tapi uda pada lulus TK semua kan.?. jadi pastinya uda bisa ngebaca tulisan ini... OK dech seperti yang uda kalian baca, nie namanya Bank Tanpa Bunga, nah disini para santri bisa nabung uang, eit tapi gha kayak bank-bank biasanya. Di bank kita ini gak ada bunga banknya. Hmm uda pada tau kan... OK, ada yang mau nabung..??


By : Naylul, Vitha, Ilmi